Wednesday, March 21, 2012

Pengaruh Warna untuk Kesehatan, Emosi dan Suasana

Pengaruh Warna untuk Kesehatan, Emosi dan Suasana


Setiap orang tentunya mempunya warna yang disukai, dan tentu saja setiap warna punya pengaruh dan arti tersendiri buat kita. Di bawah ini saya tuliskan beberapa macam warna dan manfaatnya untuk kesehatan, emosi dan suasana.

Putih


Putih adalah lambang kesucian dan kebersihan, memberikan efek sejuk pada mata. Dengan ciri-ciri warna putih orang cenderung bersifat lebih idealis dan mempunyai sifat moralitas yang tinggi. Tidak mencerminkan sifat angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan.
Kuning


Mencerminkan sifat ceria, kegembiraan, santai, mempunyai cita-cita yang tinggi seperti sifat matahari yang ada di tempat tinggi, terlihat indah, menghangatkan dan memberikan ilmu pengetahuan. Bisa mengubah perasaan yang sedang murung menjadi lebih ceria dan bersemangat.
Jingga


Seperti halnya warna Kuning, jingga juga bersifat komunikasi karena membawa keceriaan, kegembiraan, kehangatan, rasa humor dan keakraban di dalam ruangan sehingga baik sekali untuk meningkatkan kreativitas dan semangat di ruang kerja dan bisa meningkatkan konsentrasi di ruang belajar.
Biru


Sifat warna biru yang memberi kesan menenangkan, damai, memberikan efek yang dapat memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, menghapus stress, dan membuat kita dapat bernafas lebih dalam, tentunya dengan penggunaan warna biru yang tepat dan tidak berlebihan.
Hijau


Warna yang bisa meningkatkan rasa bangga. Warna ini mampu memberikan efek sejuk pada mata seperti halnya warna biru dan putih. Hijau identik dengan warna modern yang mampu menguatkan kesan futuristik dan kecanggihan teknologi.
Coklat


Coklat mewakili rasa aman, komitmen, kepercayaan serta bisa memberikan rasa hangat dan nyaman. Warna coklat selain bisa menjadi sumber energi juga bisa membuat kita merasa kuat. Warna coklat juga menimbulkan kesan kepercayaan dan komitmen. Dengan sifatnya yang memberikan rasa aman, jika ruang kerja dibuat dengan sentuhan warna coklat akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang.
Hitam


Warna hitam mencerminkan keberanian, ketenangan, karakteristik yang kuat dan lebih mendominasi. Dengan begitu sifat dari warna ini lebih senang dengan hal-hal yang alami dan mempunyai tekad yang kuat.
Ungu


Warna ini berpengaruh untuk membuat lebih inspiratif dan memberikan perasaan tenang. Warna ungu juga mampu mengurangi rasa lapar, selain itu bisa mengontrol emosi dan bisa menenangkan suasana hati.

No comments:

Post a Comment